Tips Memilih HD Eksternal untuk PC & Laptop

Tips Memilih HD Eksternal untuk PC & Laptop –Seiring dengan meningkatnya pengguna PC ataupun laptop semakin meningkat pula penggunaan HD eksternal. Hal ini karena kebutuhan terhadap penggunaan HD eksternal dipengaruhi oleh terbatasnya kapasitas harddisrk internal yang ada dalam laptop atau computer.

HD eksternal sangat rentan untuk mengalami kerusakan, oleh karena itu kita harus benar-benar memperhatikan kualitasnya ketika akan membeli suatu HD eksternal.

hardisk eksternal
hardisk eksternal

Tips Memilih HD Eksternal

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memilih HD eksternal:

Merk serta garansi

Dengan mempunyai jangka waktu garansi yang panjang, maka kita tidak perlu takut ketika HD eksternal tersebut mengalami kerusakan. Hal ini karena kita tidak pernah tahu kapan HD eksternal kita akan mengalami kerusakan. Pastikan untuk membeli HD eksternal dengan garansi yang resmi untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan seperti rusak karena alasan teknis.

Pelindung HD eksternal

Jika kita hanya meggunakan HD eksternal di rumah atau untuk sekedar dibawa ke sekolah, maka rasanya sudah cukup apabila HD eksternal dengan pelindung biasa saja karena harganya lebih murah. Beda ceritanya jika kita merupakan seorang petualang, sudah pasti kita harus memilih HD eksternal yang ringan namun memiliki pelindung yang kuat dari bahan karet ataupun sejenisnya supaya HD eksternal tidak mudah rusak saat terbentur ataupun terkena guncangan.

Kapasitas penyimpanan

Kita harus memperhitungkan berapakah kapasitas yang kita butuhkan sehingga nantinya kita tidak membeli HD eksternal dengan kapasitas yang lebih rendah dari kebutuhan kita sendiri. Misal jika kita membutuhkan HD eksternal untuk keperluan pekerjaan yang notabennya untuk menyimpan banyak file yang berukuran besar, maka kita juga harus membeli HD eksternal dengan kapasitas yang besar pula. Itulah mengapa kapasitas penyimpanan menjadi saah satu hal yang sangat penting sebelum memilih HD eksternal.

Konektivitas

Sekarang ini kebanyakan HD eksternal menggunakan port USB untuk dapat tersambung ke computer yang mana terdiri dari USB 3.0 yang mampu menghadirkan kecepatan jauh lebih cepat 5 Gbps  serta USB 2.0 yang mampu menghadirkan kecepatan sebesar 480 Mbps. Namun untuk USB 3.0 ternyata tetap bisa digunakan untuk computer yang hanya mempnyai port USB 2.0.

Kecepatan mengolah data atau kecepatan rotasi

Sistem kerja dari HD eksternal adalah saat kita membuka ataupun mengolah data, maka piringan yang berada di dalamnya akan berputar yang mana kecepatan perputarannya ini dihitung dengan RPM (Revolution per Minute). Nah, keepatan rotasi dari sebuah piringan HD eksternal ini sangat mempengaruhi kecepatan menulis dan membaca datanya. Dengan kata lain, semakin tinggi RPM dari sebuah HD eksternal, maka akan semakin cepat pula ia dapat mengolah serta memutar file yang kita butuhkan.

Sistem operasi yang kompatibel

Hal paling utama harus kita perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli HD eksternal adalah sistem operasi. Hal ini karena sistem operasi antara Apple (OS X) dengan menggunakan HFS+ sementara Microsoft (windows) menggunakan file sistem NTFS. Untuk HD eksternal dengan file sistem NTFS ini memang banyak tersedia di pasaran, namun untuk HD eksternal dengan file sistem HFS+ sedikit susah ditemukan. Jika HD eksternal HFS+ dipasangkan pada operasi sistem windows maka ada kemungkinan HD eksternal tersebut tidak akan terbaca pada computer yang bersangkutan. Untuk sistem operasi Apple memang dapat membaca file HD eksternal dengan format NTFS, namun tidak bisa mengedit serta menulis file di dalamnya.

Baca juga :Tips Membeli Laptop Gaming

Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memilih HD eksternal.

Tags: